Jumat, 01 Februari 2013

PERAWATAN KHUSUS ANAKAN KENARI USIA DINI (30-60 HARI)

Pada usia dini/awal untuk anakan kenari: 30 - 60 hari, merupakan usia yang masih rawan walaupun sudah mandiri untuk makan sendiri karena sudah terpisah dari indukan betinanya. Karena itu, beberapa hal penting memang harus lebih diperhatikan agar kesehatan dan keberlangsungan hidup anakan bisa tetap terjaga sampai besar/dewasa.
 
A1. PAGI, mulai jam 06.30 WIB 
PAKAN KHUSUS: [WAJIB] Berikan makanan khusus anakan/piyik kenari berupa CD/CeDe, merk CD Super atau bisa juga merk yang lainnya, asal dengan komposisi dan manfaat yang sama yaitu EGG Food, porsi secukupnya.
Walaupun belum bisa makan biji-bijian (Canary Seed) atau sedang belajar matuk-matuk, makanan biji-bijian tetap diberikan, porsi secukupnya. Umumnya anakan sudah bisa lancar makan biji-bijian pada usia 35-40 hari ke atas, tergantung pada Naluri masing-masing anakan.
Penempatan kedua wadah/cepuk pakan untuk CD dan Canary Seed, dipasang pada sisi kiri & kanan sangkar, bisa di tangkringan atas ataupun tangkringan bawah. Penempatan cepuk bisa sesuai selera, asal tetap terjangkau oleh anakan kenari & pertimbangan ESTETIKA dalam sangkar.

[WAJIB] Setiap pagi pada jam ini, sisa pakan seperti kulit biji-bijian di kedua cepuk makanan (CD & Canary Seed) dibersihkan dengan cara ditiup perlahan, lalu tambahkan dengan yang baru dengan porsi secukupnya.

PAKAN TAMBAHAN: [WAJIB] Berikan telur puyuh setengah porsi, bisa digantung atau taruh dicepuk khusus.

[WAJIB] Berikan buah yang diselang seling tiap hari, antara Jagung Manis dan Apel. Jagung Manis dengan ukuran potongan yang tidak terlalu besar, kira-kira dengan tebal 1.5 cm. Lalu Apel dengan ukuran potongan secukupnya (perkiraan 8-12 jam habis). Pemberian antara buah Jagung dengan Apel bisa dibuat selang seling setiap harinya, misal: Senin - Jagung, Selasa - Apel, begitu seterusnya.

[WAJIB] Berikan sayuran yang diselang seling tiap hari, antara Selada dan Sawi Putih. Misal: Senin - Selada, Selasa - Sawi Putih, begitu seterusnya.

[WAJIB] Setiap pagi pada jam ini, setiap item pakan diatas (telur puyuh, buah & sayur) harus selalu diganti dengan yang baru.

A2. KEBERSIHAN SANGKAR, MANDI & PENJEMURAN RUTIN [WAJIB]
Setelah pakan lengkap telah beres diberikan, lalu selanjutnya bisa mulai pembersihan sangkar, ganti alas koran dengan yang baru, intinya bersih-bersih sangkar pada umumnya. 
Khusus untuk mandi anakan, berikan cepuk khusus untuk mandi & JANGAN disemprot, karena kita tidak tahu kondisi asli anakan. Mandi merupakan Naluri, jadi biarkan anakan mandi dengan sendirinya. Jadwal mandi bisa selang seling setiap hari, misal: Senin - Mandi, Selasa - tidak mandi, begitu seterusnya. (Mandi bisa berbarengan dengan penjemuran) 
Sekitar jam 7 pagi semua sudah beres, lalu sudah bisa melakukan penjemuran rutin. Cukup 60 - 90 menit saja per hari tiap pagi, intinya jangan lebih dari jam 9 pagi. Akan lebih bagus jika dijemur berdampingan dengan Kenari yang sudah gacor, agar naluri "BERKICAU" nya bisa cepat keluar.

Selesai dijemur lalu digantang dan anginkan di tempat yang teduh, cukup 15 - 30 menit saja. Setelah itu FULL KERODONG sampai nanti sore jam 16.00 WIB (4 sore).

B. SORE, mulai jam 16.00 WIB.

PENGGANTIAN PAKAN TAMBAHAN & LAINNYA:Buka kerodong sangkar anakan pada waktu sore ini, lalu anginkan dulu sebentar 15 menit sebelum melakukan penggantian pakan.

[WAJIB] Semua sisa telur puyuh (sudah bau), buah & sayur (sudah layu) yang pada jam PAGI diberikan, pada waktu sore jam 16.00 WIB harus diangkat/diambil dari dalam sangkar, lalu diganti dengan yang baru dalam kondisi segar/fresh (Telur puyuh setengah, buah jagung/apel secukupnya dan sayur selada/sawi). Porsi sama dengan JAM PAGI di atas, lalu biarkan sampai keesokan pagi besoknya lagi.
Setelah pakan tambahan telah diganti dengan yang baru, lalu biarkan lagi anakan diangin-angikan sampai jam 5 sore. Setelah itu FULL KERODONG lagi sampai keesokan paginya lagi. NOTE: Jangan menunggu gelap baru dikerodong, karena cuaca tidak menentu, biasanya cuaca sudah dingin, anakan kenari bisa sakit (*untuk daerah panas).

NB: Jika anakan sudah pada usia 60 hari ke atas, maka untuk waktu sore hari penggantian pakan tambahan (Telur puyuh, buah dan sayur) tidak diperlukan lagi. Cukup rutinitas pagi saja yang harus tetap dilakukan.

1 komentar: